Senin, 01 November 2010

TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPETITIF

Pendahuluan

Dalam upaya mencapai keberhasilan, para manajer sangat menyadari pengaruh dari lingkungan perusahaan. Perusahaan dihubungkan dengan elemen – elemen dalam lingkungan melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Sumber daya informasi perusahaan mencakup lebih dari sekedar informasi, sumber daya tersebut mencakup pula perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, data dan para spesialis informasi dan para pemakai informasi.
Kegiatan mengidentifikasi sumber daya informasi yang dibutuhkan perusahaan dimasa depan, mendapat sumber daya tersebut dan mengelolanya disebut perencanaan sumber daya informasi sacara strategis, dan SPIR ( Strategic Planning for Information Resource ) adalah tanggung jawab semua manajer, tetapi manajer organisasi jasa informasi mamainkan peranan penting. Sedangkan jabatan seorang CIO ( Chief Information Officer ) menjadi semakin popular untuk menggambarkan manajer jasa informasi.

2.1 Perusahaan Dalam Lingkunganya
Lingkungan sangat berarti bagi perusahaan, Lingkungan adalah alas an utama keberhasilan perusahaan, pemilik perusahaan melihat perlu penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan lingkungan tertentu dalam menanamkan modalnya sehingga perusahaan dapat melaksanakan aktifitas, lingkungan kemudian menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa.
Adapun elemen – elemen lingkungan ini seperti organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan. Ada delapan elemen yang berada dalam sistem yang lebih luas yang disebut masyarakat.

2.2 Keunggulan Kompetitif
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya yaitu:
• Menyediakan barang dan jasa dengan harga murah
• Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pada pesaing
• Memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu
Pada bidang komputer, “Keunggulan Kompetitif” mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan “Leverage” di pasaran. Maksudnya perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumber daya fisik, melainkan pada sumber daya konseptual yang unggul dan informasi yang dapat digunakan sama baiknya. Dan beberapa perusahaan telah mendapatkan publikasi yang luas karena menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan yang kompetitif, diantaranya yaitu American Airlines dengan sitem pemesanan penerbangan “sabre”, American Hospital Supply dengan jaringan EDI ( Electronic Data Interchange ), dan Mc Kesson Drug dengan sistem distribusinya yang disebut “Economost”.

Ada 3 pokok penting mengenai keunggulan kompetitif:
1.Tidak satupun perusahaan diatas yang puas jika mengandalkan sumber daya fisik untuk menjadi pesaing ynag tangguh.
2.Tidak ada aplikasi komputer inovatif yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan secara terus – menerus.
3.Ketiga perusahaan tersebut memusatkan sumber daya informasi mereka pada para pelanggan.

2.3 Perencanaan Strategi Perusahaan
Pada perencanaan jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan – tujuan yang akan memberikan perusahaan meningkat dalam lingkunganya, serta menetukan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Setelah rencana strategi ditetapkan, tiap area fungsional bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategi mereka sendiri. Rencana – rencana fungsional merinci bagaimana area tersebut akan mendukung perusahaan saat perusahaan bekerja menuju tujuan strategi.

Pada saat jasa informasi mulai mengembangkan rencana strategi, beberapa pendekatan yang dianjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut pada tujuan strategi perusahaan, disebut dengan “ Kumpulan Strategi Organisasi”. Langkah kedua yang tersendiri yaitu suatu rencana jasa informasi dibuat untuk mendukung tujuan perusahaan, disebut dengan “ Kumpulan Strategi SIM” yang terdiri dari sejumlah tujuan, kendala, dan strategi, dan pendekatan ini dinamakan “Transformasi Kumpulan Strategi”.

2.4 Konsep Manajemen Sumber Daya Informasi
Manajemen Sumber Daya Informasi ( Information resource management / IRM ) adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Beberapa Elemen yang diperlukan dalam IRM ( Information Resource Management ) :
a)Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul
b)Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu bidang fungsional utama
c)Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
d)Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan ketika membuat perencanaan strategis
e)Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
f)Strategi untuk mendorong dan mengelola EUC

Model IRM (Information Resource Management)

Kondisi – kondisi IRM yang diperlukan tersebut tidak terpisah tetapi bekerja sama secara terkoordinasi seperti dibawah ini:
•Lingkungan perusahaan
•Eksekutif perusahaan
•Bidang fungsional
•Sumber daya informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar