Rabu, 31 Maret 2010

Dunia Global Perbankan

Goldman Sachs Group, Inc. bergerak di industri finance and insurance, dengan produknya yaitu investment banking. Perusahaan ini dibentuk tahun 1869 dengan pusat di Lower Manhattan, New York.

Goldman Sachs Group, Inc. atau yang biasanya disebut Goldman Sachs adalah salah satu investment bank yang bereputasi di dunia global. Goldman Sachs menjalankan operasinya di berbagai negara, seperti New York City, Chicago, Los Angeles, Bangalore, Ulaanbaatar, Frankfurt, Zurich, Paris, London, Hong Kong, Milan, Sidney, Tokyo, Toronto.

Goldman Sachs bertindak sebagai penasehat keuangan untuk beberapa perusahaan penting, pemerintahan terbesar dan keluarga yang paling sejahtera di seluruh dunia. Investment bank ini merupakan salah satu penyalur utama di pasar sekuritas US.

Goldman Sachs menawarkan kliennya nasehat untuk merger dan akuisisi, memberikan jasa underwriting (jaminan), terlibat dalam perdagangan hak milik, menanamkan dananya dalam transaksi ekuitas, mengatur kekayaan individu atau keluarga.

Goldman Sachs bergerak di tiga bisnis utama: Investment Banking, Trading and Principal Investment, dan Asset Management serta Securities Services.

Investment banking dibagi menjadi dua divisi yaitu Financial Advisory (merger dan akusisi) dan Underwritting. Dalam merger dan akuisisi, Goldman Sachs memberikan nasehat kepada kliennya bagaimana menghindari pengambilalihan dari pesaing. Sejak tahun 1980, Goldman Sachs merupakan satu-satunya investment bank yang mempunyai kebijakan ketat untuk mengenali kemungkinan adanya pengambilalihan dari pesaing, hal ini membuat reputasi Goldman Sachs meningkat dengan pesat. Segmen ini memberikan kontribusi sebesar 15% pada pendapatan Goldman Sachs.

Trading and Principal Investment merupakan segmen bisnis Goldman Sachs yang terbesar di antara ketiga bisnis intinya. Segmen ini dibagi menjadi tiga divisi, yaitu:
a. Fixed Income, Currency and Commodities, yang menjual produk suku bunga dan kredit, sekuritas dan hutang mortgage, currency dan commodities, dan produk derivative.
b. Equities, yang memperdagangkan ekuitas, produk yang berhubungan dengan ekuitas, derivative ekuitas, serta membantu kliennya dalam memperdagangkan ekuitas, opsi dan kontrak future di pasar dunia.
c. Principal Investment, menjalankan investasi dan pendanaan pada merchant bank.
Sebesar 65% dari pendapatan Goldman Sachs berasal dari segmen ini.

Asset Management and Securities Services, segmen ini membuat bisnis Goldman Sachs meningkat dengan pesat dan juga memperbesar pangsa pasarnya. Segmen ini dibagi menjadi dua divisi, yaitu:
a. Asset Management, yang memberikan institusi besar dan individu yang kaya nasehat investasi, jasa rencana keuangan, dan mengatur reksadana, yang biasanya dikenal dengan memberikan alternatif investasi.
b. Securities Services, yang memberikan jasa brokerage, jasa pembiayaan, pinjaman sekuritas untuk reksadana, dana pension, hedge funds, dan lainnya.
Segmen ini memberikan kontribusi sebesar 19% untuk pendapatan perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar